baner 15x12

NARASI PROSES WATER TREATMENT PLANT PROSES RIVER SOURE


Unit water treatment plant yang digunakan untuk proses pengolahan air sungai menjadi air bersih sesuai standart PDAM(pre treatment) dan dringking water sesuai standart air minum denan menggunakan reserve osmosis ini sebagai berikut:
1.       Iintake pump
Intake pump digunakan untuk memompakan air dari sungai menuju ke raw water tank. Pompa ini di dengan tenaga listrik dan di control dengan panel control. Pompa bekerja secara outomatic, pompa akan dihidupkan saat raw water control tank kosong, dan akan berhenti secara outomatik ketika pada saat tangki sudah penuh
Jumlah pompa yang ada (2 unit) yang bekerja bergantian,1operation & 1 standby
2.       Raw water tank
Raw water tank digunakan untuk menampung air sungai dan akan diproses selanjutnya. Material tanky adalah FRP/PE tahan karat. Jumlah 1 unit. Didalam bak ini dilengkapi dengan level control yang berfungsi untuk menatur posisi level  air.

3.       Transfer pumpdigunakan untuk memompa air dari raw water tank menuju ke proses clarifiaer. Pompa ini digerakkan dengan tenaga listrik dan di control dengan panel control. Ponpa bekerja outomatic, pompa akan hidup pada saat break clarifier water  tank kosong, dan akan berhenti secara outomatic pada saattangki sudah penuh. Jumlah pompa asa 2 unit dan bekerja bergantian,  1 operation dan 1 stanby

4.       Chemical tank & distribusi system
Terdiri dari chemical tank dan chemical pump. Chemical tank digunakan untuk menampung chemical coagulant dan flocculant. Chemical pump digunakan untuk menginjeksi larutan chemical tersebut ke system air yang menuju ke proses clarifier sedimentasi.

5.       Clarifier system
Clarifier system digunakan untuk proses reaksi dan pengendapan suspended solid yang terkandung didalam air sungai. Proses pengendapan membutuhkan bantuan bahan kimia AL2SO4 da poly electrolyte yang di pompakan dengan pompa dosing. Disendimentasi sehinga air bersihnya overflow dan kotoran atau lumpurnya mengendap. Dalam unit ini flocculator / bak pengaduk lambat/cepat  jumlah 1 unit
6.       Filter pump
Filter pump digunakan untuk memompa air dari break clarified water tank menuju ke sand filter dan filter filter berikutnya. Pompa ii digerakkan dengan tenaga listrik dan dikontrol dengan panel control. Pompa beekerja secara outomatic, pompa akan hidup ketika storage water  tank kosong, dan akan berhenti outomatic pada saat tangki penuh. Jumlah pompa yang ada 2 unit yang berkerja bergantian. 1 operation & 1 stanby
7.       Sand filter
Sand filter digunakan untuk menyaring partikel partikel yang terdapat dalam air untuk mengurangi tingkat kekeruhan air. Pada saat tertentu dilakukan backwash untuk membuang kotoran yang tertahan pada lapisan atas media  filter tersebut. Sand filter isinya terdiri dari lapisan gravel (sejenis batu kerikil) kasar, sand (pasir silica ukuran kasar dan halus),anthracite dan campuran media lain yang komposisinya disesuaikan dengan kondisi air baku. Proses bachwash bekerja secara manual.
8.       Iron removal filter
Iron removal filter digunakan untuk mengurangi/mengabsorbsi zat besi dan mangan yang terkandung di dalam air. Pada saat tertentu dilakukan bachwash untuk membuang kotoran yang tertahan pada lapisan atas media filter tersebut. Proses bachwash bekerja secara manual.
9.       Organic removal filter
Organic removal filter adalah bagian dari proses pengolahan air bersih yang berfungsi untuk menghilangkan bau (odor),zat organic,residu chlorine, dan warna yang terkandung pada air baku dengan cara diserap dengan meng gunakan media carbon aktif. Proses bachwash bekerja secara manual.
10.   Storage water tank
Storage water tank digunakan untuk menampung air bersih dari pengolahan yang siap didistribusikan sebagai air bersih sesuai standart PDAM. Didalam bak ini dilengkapi dengan level control yang berfungsi untuk mengatur level air.
11.   Reverse osmosis system
Reserve osmosis system adalah system peralatan yang digunakan untuk mengolah air dari standart air bersih menjadi standart dringking water sehingga air yang telah melewati proses ini adalah air yag siap diminum.
Saat ini tehnologi membrant merupakan salah satu alternative tehnologi yang sangant superior dalam mengatasi berbagai permasalahan di air. Tehnologi membrant termasuk tehnologi baru dibandingkan proses filtration lainya.
Pada proses ini digunakan membrant yang bersifat semipermaibel untuk memisahkan air dengan pengotoranya. Material membrant yang digunakan bisa berasal dari materi organic (polimer) atau an-organik(keramik,gelas,dll)
Air dilewatkan dilewatkan melaui membrane dan meninggalkan partikel pengotor yang tertahan disisi membrant lainya.
Proses-proses membrane yg umumnya adalah mikrofiltrasi (MF), ultrafiltrasi(UF), nanofiltrasi (NF) dan reserve osmosis (RO). Pada proses – proses ini  pemisahan trjadi karena adanya perbedaan tekanan antara ruang yang berisi umpan (air yang hendak diolah) dan sisi membrane.
Pada MF,UF, dan NF membrane yang digunakan adalah membrane berpori dimana pori membrant terbesar hingga membrant terkecil berturut-turut adalah MF,UF, dan NF. Pada proses RO digunakan membrane yang tidak berpori sehingga pemisahan yang terjadi tidak melalui pori seperti proses lainya tetapi berdasarkan kemampuan air melarut pada membrane.
Air yang dihasilkan dari proses RO jauh lebih murni dari air yang dihasilkan proses MF,UF dan NF karena proses RO mampu memisahkan pengotor hingga level ion. Air yang telah melalui proses RO adalah air yang sia minum.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Pak Sugeng,apakah air yang sudah melalui proses RO
sudah layak untuk diminum...
Dan apakah dengan air yang lebih murni berarti air
tersebut sudah bebas dari bakteri.
Dan apakah proses RO sudah bisa membunuh biologis atau sejenis bakteri.

Terimakasih sebelumnya
Wassalam
Alfidia( Batam )

Posting Komentar

 
Powered By Blogger | Portal Design By sugenk ponorogo © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top