baner 15x12

LAPORAN PRAKTEK KERJA NYATA

LAPORAN PRAKTEK KERJA NYATA
SISTEM PENGOPENAN KAYU
DI CV. NUR ALAM SEJAHTERA

























OLEH :
SUGENG PRIYANTO
(05510539)







JURUSAN MESIN FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MUHAMADIYAH PONOROGO
2009



LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PRAKTEK KERJA NYATA
DI
CV.NUR ALAM SEJAHTERA






Disusun oleh:

Sugeng priyanto (055.105.39)



Disetujui oleh :






Manager
CV. NUR ALAM SEJAHTERA







Pembimbing
CV.NUR ALAM SEJAHTERA



















LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN KERJA NYATA


disusun oleh :
Sugeng Priyanto (05510539)






Ketua  Jurusan



IR Fadlan, MT
Dosen Pembibing



IR Fadlan, MT








Mengetahui,
Dekan fakultas



­­­­­­­­­­IR. Aliyadi, MM










KATA PENGANTAR


Assalamu’alaikum .wr.wb

Puji syukur  Alhamdulillah penulis sampaikan kehadirat Alloh SWT  yang telah memberikan rahmatnya serta tuntunanya  sehingga laporan praktek kerja nyata ini dapat di selesaikan dengan lancar .
Laporan praktek kerja nyata ini diselesaikan guna melengkapi persyaratan untuk menempuh gelar sarjana (S1) teknik mesin di Universutas Muhamadiyah Ponorogo.
praktek kerja nyata ini di laksanakan Pada tanggal 1april-1mei 2009 di CV. Nur Alam Sejahtera kecamatan wonogiri.pengamatan yang dilakukan selama PKN meliputi profil prusahaan jenis-jenis dan cara kerja yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan yang di dapat di perkuliahan.
 penulis menyadari bahwa banyak sekali kesalahan dalam penulisan ini oleh sebab itu kritik serta saran yang membangun sangat penulis harapkan guna kesempurnaan buku ini. Semoga buku ini bermanfaat umumnya bagi pembaca khususnya bagi penulis.

Wassalamua’aikum.wr.wb





Ponorogo,1 juni 2009



Penulis



BAB I
PENDAHULUAN

ABSTRAKSI

PENGERINGAN KAYU DALAM PENINGKATAN EFISIENSI BIAYA DAN PENGURANGAN LIMBAH LINGKUNGAN
Oleh : sugeng priyanto, teknik mesin Universitas Muhamadiyah Ponorogo
Dosen pembimbing I : Ir fadlan MT dosen pembimbing II : Ir nanang sufiadi A

Kualitas produk jadi kayu sangat tergantung pada tingkat kelembaban kayu tersebut saat diproduksi. Kayu yang terlalu lembab susah untuk dikerjakan bahkan
dengan proses otomatis sekalipun, hingga barang yang dihasilkan mungkin
ukurannya tidak seimbang. Bahan kayu yang lembab yang digunakan di konstruksi rentan akan kontaminasi jamur. Mebel yang dibuat dari kayu yang tidak dikeringkan dengan benar yang kemudian dikeringan ke pengeringan alami, menjadi rusak dan retak.
Untuk mendapatkan tingkat kelembaban yang optimal pada kayu untuk digunakan dalam konstruksi atau produk mebel merupakan proses kalkulasi yang  tergantung pada jenis kayunya, temperatur dan kelembaban sekitarnya, dan sirkulasi udara dalam ruang pengeringan. Apabila faktor-faktor ini dapat dijaga dengan baik, kayu dapat memperoleh kelembaban yang seimbang tetapi cukup kering untuk diukir dan akan tetap stabil untuk waktu lama.
Banyak produsen kecil mebel Indonesia membeli kayu yang telah dikeringkan untuk menjaga kualitas barang mereka. Namun, pilihan ini menambah banyak biaya atas harga barang yang dihasilkan dan ini mengurangi daya saing produsen. Beberapa produsen memiliki oven pengering kayu sendiri yang dijalankan dengan gas, minyak tanah, atau tenaga listrik, dan ini membutuhkan biaya besar.
Disisi lain para produsen mebel ini juga menghasilkan limbah kayu yang banyak selama proses produksi. Menurut penelitian diperkirakan 8-13 persen dari volume kayu mentah yang digunakan terolah menjadi serbuk gergaji, serutan kayu dan potongan-potongan kecil.
Melihat kedua kondisi ini perusahaan pengrajin kayu dapat mengurangi biaya mereka dengan mengembangkan fasilitas pengering kayu sendiri berbahan bakar limbah kayu.

1.2       latar belakang praktek kerja
Pengalaman dan pengetahuan akan praktek kerja yang sebenarnya, praktikan peroleh setelah terjun langsung di lapangan. Praktikan lebih memahami bagaimana cara pencatatan jam terbang dengan pendapatan pada bagian Divisi purchasing.
1. Bagi Mahasiswa
a. Mengenal cara kerja perusahaan secara umum, khususnya sistem produksi.
b. Dapat menambah wawasan dan pengalaman tentang praktek kerja di lapangan.
c. Menambah pengetahuan dan pemahaman teknik secara praktis yang diterapkan pada industri.
d. Memberikan bekal tentang sistem produksi pada dunia industri, sebelum terjun ke lapangan kerja secara nyata.
e. Menjadikan kepribadian yang disiplin, mandiri dan bertanggung jawab terhadap kewajibannya dalam menyelesaikan tugas.
f. Menambah pengetahuan mengenai kesekretarisan dan mendapatkan pengalaman kerja serta keterampilan kerja.

2. Bagi Universitas
a. Terjalinnya hubungan kerjasama dengan perusahaan yang ditempati untuk Praktek Kerja Lapangan.
b. Dapat mengetahui kolerasi antara ilmu yang diberikan di bangku kuliah dengan kondisi industri nyata.
c. Sebagai bahan evaluasi di bidang akademik untuk perbaikan kurikulum.

3. Bagi Perusahaan
a. Terjalinnya kerjasama dengan dunia pendidikan.
b. Dapat membantu menyiapkan sumber daya yang potensial untuk perusahaan.
c. Tidak tertutup kemungkinan adanya saran dari mahasiswa pelaksana Kerja Praktek Lapangan yang bersifat membangun dan menyempurnakan sistem yang ada.

1.3              maksud dan tujuan praktek kerja
Praktek ini bertujuan sebagai prasarat mahasiswa dalam program sarjana(S1) di universitas muhamadiyah ponorogo. Selain itu juga sebagai aplikasi teori yang di dapat di bangku perkuliahan.

1.4       waktu dan prosedur praktek kerja

Praktek kerja nyata ini dikerjakan pada tanggal 1april – 1mei 2009 dengan ketentuan mengikuti praktek kerja di CV.nur lam sejahtera kabupaten wonogiri







BAB II
Profil perusahaan

BAB III
PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA

3.1       kedudukan dan koordinasi
3.2       jenis dan bidang kegiatan
Selama pelaksanaan praktek kerja nyata bidang yang di tangani meliputi:
-Pemotongan kayu
-perendaman kayu
-pengeringan (open)

3.3       uraian pelaksanaan praktek kerja
3.3.1. Pelaksanaan
Praktek ini dilaksakan pada tanggal 01 april-01 mei 2009 bertempat di CV, nur alam sejahtera wonogiri
                              3.3.2. Kendala yang ditemukan
                              3.3.3. Solusi Kendala yang ditemukan


BAB IV           SIMPULAN DAN SARAN
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
RIWAYAT HIDUP










BAB I
PENDAHULUAN

Pembangunan di Indonesia pada semua bidang serta harus dirasakan secara merata dan adil oleh seluruh rakyat Indonesia sebagai peningkatan kesejahteraan lahir batin. Bersama dengan bertambahnya maju pembangunan terutama perkembangan perekonomian di Indonesia. Hal ini mendorong berkembangnya industry dengan cepat dan meluas di segala sector.
Pada umumnya perusahaan- perusahaan mempunyai tujuan yang salah satunya yaitu untuk mendapatkan atau keuntungan laba yang optimal dari produk yang dihasilkan di samping. Untuk kemajuam dan perkembangan demi kelangsungan hidup di masa yang akan datang. Dalam usaha untuk mencapai tujuan tersebut tentunya aktivitas yang akan dilakukan perlu perhatian  di bidang pemasara, produksi, maupun dalam bidang lainya.
Persaingan dalam bidang industri  sekarang ini sangatlah ketat sehingga setiap perusahaan perlu meningkatkan kwalitas dan kwantitas hasil produksinya untuk dapat di unggulkan yang nantinya dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Perkembangan industri yang cepat dan meluas di segala sector tersebut tidak dapat di pisahkan dengan penerapan ilmu dan tehnologi modern.
Indonesia merupakan negara dengan wilayah yang luas dan memiliki  kekayaan sumber daya alam yang salah satunya berupa hutan. Hasil hutan tersebut dapat dijadikan inspirasi untuk mendirikan suatu perusahaan yang mengolah hasil hutan guna dijadikan sebagai salah satu lahan mata pencarian dalam mencari keuntungan.



A.     Analisa permasalahan
Dalam suatu perusahaan, baik itu perusahaan pemerintah (BUMN) maupun swasta, menegemen dituntut untuk selalu menjaga eksistensi perusahaan, menjamin kelangsungan hidup, mencapai target –target kinerja, menjaga perkembangan dan meningkatkan keuntungan perusahaan. Menjaga eksistensi suatu peruhaan sangatlah tidak mudah, perlunya suatu peencanaan, strategi menegemen yang matang dengan menganalisa dari produktivitas yang sedang berjalan. Hal ini diharapkan dapat diketahui kekuatan, kelemahan , peluang,dan tantangan yang akan dihadapi perusahaan. Hal ini dalam rangka untuk mencapai tujuan perusahaan sesuai dengan visi,misi perusahaan. Untuk meningkatkan volume penjualan yang diperoleh kakpu kenghasilkan keuntungan yang semaksimal mungkin.
Meningkatkan volume penjualan agar dihasilkan keuntungan yang meningkat, laka perusahaan harus mampu memasarkan produkyang di hasilkan. Hal ini dapat dicapai jika didukung adanya kelancaran proses produksi tersebut. Unsur-unsur dalam proses produksi seperti bahan baku, tenaga kerja dan faktor produksi lainya merupakan suatu keterkaitan yang tidak dapat dipisahkan.
Dalam rangka pemenuhan target dan kinerja karyawan yang baik kaitanya dengan proses produksi maka CV.




























lampiran 1

Contoh Surat Permohonan Praktek Kerja

Bandung, 30  Juni 2004

No.                   : /KP/FSSI-SID3/UNIKOM/VI/2004           

Lampiran          : -
Perihal             : Permohonan Praktek Kerja


Kepada Yth.

Dengan Hormat,

            Kami Universitas muhamadiyah ponorogo, dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak/Ibu dapat kiranya menerima mahasiswa/I kami berikut ini :

No
NIM
NAMA
PROGRAM STUDI
1
6304006
Sugeng Priyanto

S1


Untuk melaksanakan Praktek Kerja di Instansi/Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.
            Pelaksanaan Praktek Kerja mahasiswa/I Universitas muhamadiyah ponorogo disesuaikan dengan jadwal yang ditentukan oleh perusahaan Bapak/Ibu pimpin  (+ 1 bulan).
Demikian permohonan kami, atas bantuan dan perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.
Hormat Kami,

Dekan Fakultasteknik
Universitas muhamadiyah ponorogo



Prof. Dr. H. Moh. Tajuddin, M.A

Tembusan  :
1. Ketua Jurusan teknik mesin










Lampiran 2

Contoh Form Penilaian Praktek Kerja








PENILAIAN PRAKTEK KERJA

UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA


Nama Mahasiswa/i                                  : …………………………………………………..
NIM                                                       : ……………………………………………………
Jurusan                                                 : …………………………………………………..
Nama Perusahaan                                  : ……………………………………………………
Alamat Perusahaan & Telepon                 : …………………………………………………….. 
Waktu Praktek Kerja                              : ……………………………………………………
Nama Pejabat Penilai                              : …………………………………………………..
Jabatan                                                 : …………………………………………………….


NO


ASPEK YANG DINILAI

NILAI
INDEK
PRESTASI
1
Disiplin Dalam Kerja


2
Kemampuan Menyelesaikan Tugas


3
Prestasi Kerja


4
Inisiatif


5
Kepribadian



JUDUL LAPORAN PRAKTEK KERJA

……………………………………………………………………………………………………………………………

 

Komentar Pejabat Penilai Atas Prestasi Kerja Mahasiswa/i UNIKOM

 ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………

NILAI
INDEKS
KETERANGAN
80 £ NA £ 100
A

Sangat Baik

70 £ NA £ 79
B
Baik
55 £ NA £ 69
C
Cukup
41 £ NA £ 54
D
Kurang
0   £  NA£  40
E
Buruk

                    …..……………………… 2005
                                                                    Pembimbing Pelaksanaan Praktek Kerja

           
(Nama, Tanda Tangan & Cap )
































Lampiran 3
ABSENSI PRAKTEK KERJA

NIM                  : ……………………………………………
NAMA               : …………………………………………………………………………

No
Tanggal
Jam Masuk
Jam Keluar
Paraf Petugas
Keterangan





























































































































Mengetahui,
           Pembimbing Praktek Kerja di Perusahaan
CV. NUR ALAMSEJAHTERA




Nama Jelas__________________
NIP :



0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered By Blogger | Portal Design By sugenk ponorogo © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top